Tagline Menarik dan Kreatif

Tagline terkadang hanya berupa satu, dua atau tiga kata. Memang terkesan simpel, sih, namun jangan heran, jika ternyata, Tagline menarik dan kreatif mampu membuat sebuah produk (merek) begitu dikenal publik (konsumen).

Itulah Tagline, suatu alat pemasaran yang kuat yang bisa memotivasi pelanggan untuk mendukung atau lebih mengenal sebuah merek.

Tagline yang baik adalah yang dapat langsung dikenali oleh audiens.

Tagline merupakan slogan atau frasa yang dibuat para pengiklan dalam bentuk visual maupun verbal yang mengungkapkan betapa pentingnya manfaat dari produk tertentu.

Di tahun 2020, ada lebih dari 100.000 merek yang paten terdaftar di DJKI Indonesia. Oleh karena itu penting bagi para pemilik usaha yang ingin meningkatkan nilai mereknya agar lebih dikenal, menciptakan suatu diferensiasi di antara merek-merek yang sudah ada itu sangat penting.

Salah satu diferensiasi yang dapat dilakukan adalah dengan memperkenalkan tagline untuk mereknya.

Menurut Hartono Yarmanto, Marketing Expert Frontier and Marketing Group, setidaknya ada dua hal yang mesti diperhatikan dalam membuat Tagline untuk merek.

Singkat dan mudah diingat
Tagline baiknya adalah singkat dan mudah diingat sehingga dapat menjadi top of mind yang diingat konsumen.

Hal mudah yang pertama kali perlu dicari tahu adalah apa keunggulan yang membedakan dan menjadi ciri khas merek Anda dibanding merek lainnya?

Setelah itu keunggulan tersebut dapat dikemas menjadi 1 kalimat tagline yang melekat pada merek anda.

Perhatikan segmen pasar
Hal kedua yang perlu dicari tahu untuk menentukan kalimat tagline adalah siapa segmen pasar Anda. Masing-masing segmen pasar mempunyai kebiasaan, hobi, dan cara pandang yang berbeda.

Siapa segmen pasar Anda akan menentukan kata atau frasa apa yang cocok digunakan agar 1 kalimat tagline yang sudah terpikirkan oleh Anda itu dapat diingat menjadi top of mind di benak konsumen.

Sebagai contoh, jika target pasar merek Anda adalah anak muda yang suka berpetualang, maka penggunaan kata yang bersifat individual, egoistic, playful, fun, out of the box, dan mungkin liar akan menarik bagi mereka dan dapat menjadi viral di kalangan target market anda.

Sementara jika target pasar anda adalah ibu rumah tangga, maka penggunaan kata yang bersifat emosional, family, life, safe, dan empathy akan dapat lebih diterima di benak konsumen anda.

Lebih jauh lagi, jika sebuah Tagline sudah menjadi sangat powerful, Tagline bukan hanya menjadi identitas dari sebuah merek, tetapi bahkan dapat menjadi identitas sebuah kelompok atau komunitas yang mewakili merek tersebut.

Cara membuat slogan
Tagline bisnis yang baik biasanya tidak datang begitu saja. Anda harus menuliskan beberapa ide. Setelah itu, ada baiknya Anda “bermain” dengan ide-ide tersebut di kepala Anda selama seminggu atau lebih.

Brainstorming adalah cara lain untuk menghasilkan ide-ide kreatif baru. Manfaatkanlah teman, keluarga atau rekan Anda. Jangan merasa frustasi jika Anda tidak segera menemukannya, karena untuk menjadi kreatif membutuhkan waktu.

Tapi ingat, setiap orang dapat membuat tagline hebat, yang dibutuhkan adalah ide sederhana untuk memulai.

Cari bantuan untuk membuat tagline sempurna
Carilah perusahaan di luar sana yang dapat membuat tagline yang sesuai dengan perusahaan Anda. Namun, pastikan Anda melakukan pekerjaan rumah terlebih dahulu sebelum memesan sebuah paket.

Hal ini penting untuk memberitahu tagline seperti apa yang diinginkan – serius, lucu, atau lainnya. Anda juga harus memberikan latar belakang singkat mengenai perusahaan atau proyek yang Anda tangani dan apa yang ingin disampaikan dari tagline tersebut.

Baca Juga: Seberapa Penting Iklan bagi Merek

Semakin banyak informasi yang Anda berikan, perusahaan pengembang tagline akan dapat membuat tagline terbaik yang mudah diingat dan kreatif bagi perusahaan Anda.

Berikut 50 perusahan dengan slogan kreatif dan menarik:
1. LG – “Life’s Good”
2. Apple – “Think Different”
3. Harley Davidson – “American by birth Rebel by Choice”
4. Lego – “Play On”
5. Panasonic – “Ideas for Life”
6. Reebok – “I am what I am”
7. Walmart – “Save Money, Live better”
8. Red Cross – “The greatest tragedy is Indifference”
9. Fortune Magazine – “For the men in charge of change”
10. McDonalds – “I’m lovin it”
11. Levi – “Quality never goes out of style”
12. Nike – “Just Do It”
13. Nokia – “Connecting People”
14. Sony – “Make Believe”
15. Kentucky Fried Chicken – “Finger Lickin good”
16. Electronic Art – “Challenge Everything”
17. Olympus – “Your Vision. Our Future”
18. Burger King – “Have it Your way”
19. Visa – “Its Everywhere you want to be”
20. Coca-Cola – “Twist Cap to Refreshment”
21. Jaguar – “Grace, space, pace”
22. Diesel Jeans – “Be Stupid”
23. Ebay – “Buy it. Sell it. Love it”
24. Energizer – “Keeps going and going and going”
25. L’Oreal – “Because you’re worth it”
26. Nikon – “At the Heart of the image”
27. Google – “Don’t be Evil”
28. 3M – “Innovation”
29. Canon – “See what we mean”
30. Volkswagen – “Think Small”
31. Fedex – “When there is no tomorrow”
32. IBM – “Solutions for a small planet”
33. Disneyland – “The happiest place on earth”
34. Adidas – “Impossible is Nothing”
35. AT&T – “Reach Out and Touch Someone”

Itulah beberapa tagline menarik dan kreatif dari beberapa perusahaan terkemuka dunia. Jika Anda terus mencarinya, masih banyak slogan-slogan menarik dan kreatif di luar sana.

Sumber: Marketing.co.id

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *