Social Distancing di Bandara Soetta

 

JAKARTA – Covid 19 yang terus mewabah mendorong pemerintah pusat untuk menerapkan social distancing. Apalagi Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), mendapat ekstra pengawasan.

Bandara kebanggaan Indonesia itu diatur apik oleh menajamen PT Angkasa Pura II. Ruang tunggu yang biasanya ramai, kini lebih lengang. Meskipun kursi-kursi masih tertata rapih, penumpang tidak boleh sembarang duduk. Dari enam kursi yang tersedia setiap deret, hanya tiga yang boleh dipakai. Tiga kursi lainnya dilarang melalui stiker yang ditempelkan oleh Angkasa Pura II.

Dengan demikian jarak duduk setiap orang minimal satu meter.

Di counter check in, jarak antrean penumpang juga satu meter. Mereka harus menerapkan social distancing area padat itu. Petugas bandara siaga mengawasi kegiatan penumpang selama antre.

“Lebih baik waspada memang. Pengelola pasti tidak ingin gegabah dengan situasi sulit ini. Bandara kan selalu padat,” kata Zahra, penumpang tujuan Makassar, Selasa (07/04/2020) sore.

Hingga kini, Bandara Soetta sangat sepi dibanding hari-hari sebelum covid 19 merebak di Indonesia.

Jalan-jalan utama di area bandara sangat longgar. Nyaris tak ada bus umun yang lalu lalang di kompleks penerbangan itu.

Di area parkir, pesawat-pesawat juga banyak yang menganggur. Maskapai mengurangi volume penerbangan selama virus asal Wuhan ini belum reda. “Pasti mereka tidak ingin rugi. Semua serba melihat situasi,” ujar Indar, penumpang lainnya. (lan)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *