Marketing, Kunci Sukses Penjualan

MAKASSARBISNIS.COM – Tak bisa dipungkiri, Marketing adalah salah satu hal yang memberikan kontribusi terbesar dari kesuksesan suatu bisnis. Marketing, juga bisa disebut sebagai kunci untuk meraih penjualan yang besar, sekaligus memberi dampak yang besar untuk kelangsungan hidup dari suatu perusahaan di masa mendatang.

Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui dan memahami Marketing secara lebih dalam.

PENGERTIAN MARKETING
Marketing adalah kegiatan untuk memenuhi beragam kebutuhan serta kepuasan konsumen dengan melakukan beragam cara, mulai dari membuat produk, tempat penjualan, menentukan harga, serta melakukan promosi produk.

Dalam pengertian lain, Marketing merupakan kombinasi aktivitas yang saling berhubungan di dalam suatu usaha agar bisa mengetahui kebutuhan konsumen. Sehingga, perusahaan bisa mengembangkan harga, produk, layanan, serta promosi untuk memenuhi kebutuhan dan memeroleh keuntungan.

Dengan adanya Marketing, konsumen bisa lebih mudah dalam memenuhi kebutuhannya. Yang dilakukan konsumen hanya perlu menukarkan berbagai produk dan jasa dari produsen dengan uang. Sehingga, apabila Marketing bisa berjalan dengan optimal, maka bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal kepada perusahaan.

Dari uraian tersebut, Marketing menjadi sesuatu yang harus selalu diperhatikan oleh suatu perusahaan.

FUNGSI MARKETING
Marketing merupakan bagian yang penting dari perusahaan. Dengan adanya Marketing yang baik, maka perusahaan bisa mencapai tujuannya. Nah, sebenarnya apa fungsi dari Marketing? Mari, membahasnya di bawah ini:

1. Fungsi Pendistribusian Fisik
Untuk mendistribusikan produk secara fisik, yang perlu dilakukan adalah dengan mengangkut serta menyimpannya. Dimana produk tersebut bisa memenuhi kebutuhan konsumen dengan pendistribusian berbagai cara.

Setelah itu, produk disimpan dalam rangka menjaga stok produk. Sehingga, pada saat konsumen membutuhkannya, masih terdapat stok dan tidak sampai terjadi kekurangan.

2. Fungsi Alat Pertukaran
Dalam kegiatan marketing, konsumen bisa melakukan pertukaran dengan produsen dan pelaku marketing untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Konsumen tentu saja membeli produk dari produsen. Caranya dengan menukar uang dengan produk tersebut. Atau bisa juga dengan menukar produk yang dibutuhkan konsumen dengan produk lain untuk digunakan sendiri maupun diperjual belikan kembali.

3. Fungsi Perantara
Marketing adalah media perantara yang paling baik untuk menyampaikan produk dari produsen pada konsumen.

Yang mana kegiatan marketing akan menghubungkan beragam aktivitas pertukaran dengan distribusi secara fisik.

Aktivitas Marketing dalam fungsi perantaranya meliputi pencarian informasi, pengelompokan produk, pembiayaan, dan sebagainya.

Selain itu, Marketing juga merupakan salah satu divisi dalam suatu perusahaan, di mana ada fungsi lainnya yang meliputi:

1. Sebagai sales perusahaan
2. Sebagai penggerak promosi
3. Sebagai riset serta pengembangan produk
4. Sebagai perwujudan konsep marketing communication

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Marketing sejatinya bukan hanya mengenai cara dalam menjual produk, akan tetapi juga mengenai bagaimana mendapatkan konsumen baru serta mempertahankan konsumen yang lama.

EMPAT KONSEP DASAR MARKETING
Dalam dunia usaha, staff marketing harus memahami benar-benar tentang apa itu marketing. Nah, dalam memahami tentang marketing, maka ada empat konsep dasar yang mesti dipahami. Apa saja kah?

1. Konsep Produksi
Konsep dasar marketing yang pertama adalah produksi. Dalam hal ini, pengusaha perlu tahu apa saja produk yang sedang sangat diminati oleh konsumen. Sebaiknya, pengamatan langsung dilakukan di lapangan. Hal lain yang perlu diselidiki adalah harga barang di pasar. Sehingga, bisa menjadi suatu acuan dalam merencanakan produk perusahaan kedepannya.

2. Konsep Produk
Pada dasarnya, konsumen menyukai produk yang memiliki kualitas tinggi. Maka dari itu, harus ada peningkatan kualitas produk secara kontinu. Dengan begitu, maka produk perusahaan bisa bersaing dengan perusahaan yang lain. Berikan keunikan pada produk Anda, sehingga konsumen dapat membedakannya dengan produk lain.

3. Konsep Penjualan
Selanjutnya, konsep marketing yang harus dipahami adalah penjualan. Dimana salah satu bagiannya adalah promosi. Pengertian promosi sendiri adalah memperkenalkan produk yang dimiliki pada konsumen.

Lakukan teknik-teknik penjualan yang menarik seperti memberikan bonus pada pembeli dengan syarat membagikan informasi produk pada orang lain. Sehingga, secara tidak langsung, konsumen akan tertarik membeli dan mempromosikan produk Anda.

4. Konsep Pemasaran
Konsep ini adalah lanjutan konsep penjualan. Tujuan marketing adalah kebutuhan pasar yang terpenuhi. Sehingga, Anda harus memerhatikan dengan baik mengenai kepuasan pelanggan. Dengan begitu, secara tidak langsung, Anda bisa memenuhi keinginan pasar.

STRATEGI MARKETING
Untuk bisa mencapai tujuan perusahaan, kegiatan marketing harus menerapkan strategi yang tepat. Tentu saja, strategi marketing selalu berubah dari waktu ke waktu sesuai dengan keadaan pasar. Beberapa jenis strategi marketing yang paling efektif pada masa sekarang adalah:

Marketing Transaksional
Saat ini, strategi transaksional banyak dipilih karena bisa mendongkrak penjualan. Anda bisa memberikan kupon belanja, diskon, promosi, maupun mengadakan event besar. Car ini telah terbukti secara efektif untuk menarik minat pembeli.

Iklan Berbayar
Strategi marketing iklan berbayar telah lama dikenal. Namun, masih efektif hingga saat ini. Sebab, bisa memperkenalkan produk secara lebih luas. Strategi ini banyak dilakukan dengan cara membayar platform penyedia ruang iklan agar bisa menampilkan produk miliknya.

Marketing melalui Media Sosial
Jumlah pengguna media sosial di dunia memang sangat banyak. Sehingga, bisa menjadi pasar yang menjanjikan. Selain itu, media sosial memiliki banyak keuntungan seperti jangkauan yang tidak terbatas, mudah untuk dilakukan, lebih hemat biaya, serta bisa menjangkau lapisan konsumen yang berbeda. Dengan pemasaran melalui media sosial, maka produk bisa lebih dikenal sehingga bisa meningkatkan omzet.

Marketing Interaktif
Cara melakukan marketing interaktif adalah dengan melibatkan konsumen pada proses marketing. Contohnya dengan mencantumkan nama konsumen di dalam produk dengan teknik kustomisasi. Cara ini sangat efektif dalam menjaga loyalitas konsumen.

Content Marketing
Di dunia digital, konten memiliki fungsi yang sangat berharga. Bahkan, dapat menjadi salah satu strategi marketing. Pemasaran tidak dilakukan secara langsung, melainkan dengan membagikan konten secara bernilai, informatif, serta dibutuhkan oleh konsumen.

PERAN MARKETING DALAM MENENTUKAN KESUKSESAN PRODUK
Marketing adalah ujung tombak dari suatu perusahaan. Serta akan menentukan kesuksesan dari suatu produk yang diluncurkan ke pasar. Sehingga, ada beberapa peran yang harus dilakukan dengan baik, di antaranya:

1. Membuat perencanaan produk : peran marketing dalam kesuksesan produk adalah dengan merencanakan produk untuk diproduksi, Sehingga, produk mempunyai peluang yang besar untuk dipasarkan secara luas.

2. Mengindentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen : kualitas produk harus disesuaikan dengan harapan konsumen. Dengan begitu, penjualan akan semakin bertambah.

3. Melakukan riset di pasar : riset harus dilakukan untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan konsumen dan produk lain yang beredar di pasar.

4. Melayani konsumen dengan baik : Pelayanan dari perusahaan juga akan menentukan keputusan dari konsumen apakah akan menggunakan produk dan jasa tersebut atau tidak.

5. Merancang strategi pemasaran : Produk yang berkualitas sekalipun tidak akan sukses jika tidak ada strategi pemasaran yang tepat sasaran. Strategi pemasaran telah dipaparkan pada poin sebelumnya.

Saat ini, persaingan bisnis sangat ketat. Sehingga, pelaku usaha harus benar-benar memutar otak dan melakukan inovasi marketing dengan lebih kreatif. Tentu saja strategi marketing yang harus dijalankan harus sesuai dengan perkembangan zaman.

Sumber: accurate.id

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *