Lebih Dekat dengan Erick Thohir

Erick Thohir lahir di Jakarta, 49 tahun yang lalu, tepatnya 30 Mei 1970, dari pasangan Teddy Thohir dan Edna Thohir. Erick adalah putra bungsu dari tiga bersaudara.

Ia memang terlahir dari keluarga pengusaha. Sang ayah bersama William Soeryadjaya merupakan pemilik dari Grup Astra International. Selain itu, Teddy Thohir juga seorang pengusaha yang memiliki berbagai macam bisnis.

Maka tidaklah mengherankan, jika Erick Thohir menjadi salah satu tokoh pengusaha nasional yang sukses, dan dipercaya Presiden Joko Widodo untuk mengelola, menata dan mengembangkan perusahaan-perusahaan plat merah, sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) Periode 2019-2024.

Sebelum menjadi Menteri, Erick Thohir merupakan seorang pengusaha asal Indonesia dan pendiri Mahaka Group yang merupakan perusahaan induk dari perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan entertainment.

Berbagai unit usaha Mahaka seperti di bidang penyiaran (broadcast), yakni Gen FM & Jak FM, stasiun televisi Jak tv, media luar ruang (out of home) Mahaka Advertising, penerbitan (publishing), yakni Harian Republika, Golf Digest, pemesanan dan penjualan tiket digital yakni Rajakarcis.com dan berbagai perusahaan lainnya yang bergerak di bisnis olahraga dan hiburan.

Tak hanya berkiprah di dalam negeri, tapi ia juga semakin dikenal dunia setelah mengakuisisi klub sepak bola dan klub Italia yang berlaga di seri A yakni F.C. Internazionale Milano (Inter Milano) pada November 2013.

Erick Thohir dipercaya sebagai presiden klub ke-21 dalam 106 tahun sejarah klub tersebut. Dan bersamaan dengan itu, ia juga memiliki klub sepak bola Amerika, D.C. United dan juga pernah sebagai pemilik klub bola basket NBA Philadelphia 76ers.

Awal terjun ke dunia perpolitikan di Indonesia, dimulai saat dirinya diberi kepercayaan untuk memimpin tim pemenangan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin, pada pemilihan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 lalu.

Sebelumnya, ia juga menjadi salah satu figur penting atas keberhasilan Indonesia menyelenggarakan Asian Games 2018.


Kehidupan Pribadi
Erick adalah putra dari pasangan Teddy Thohir dan Edna Thohir. Ia memiliki dua saudara, Garibaldi “Boy” Thohir, seorang bankir investasi, dan kakak perempuan bernama Rika Thohir.

Pendidikan
Pada tahun 1993 Erick lulus program Master untuk Bisnis Administrasi (Master of Business Administration) dari Universitas Nasional California, Amerika Serikat. Sebelumnya memperoleh gelar sarjana (Bachelor of Arts) dari Glendale University.

Ragam Bisnis
Sekembalinya ke Indonesia, bersama beberapa rekan semasa kuliahnya ia mendirikan Mahaka Group. Perusahaan ini membeli Republika pada tahun 2001 saat berada diambang kebangkrutan. Ia mendapat bimbingan dari ayahnya serta pendiri Kompas dan pendiri Jawa Pos. Mahaka Group melebarkan potensinya dengan mendirikan perusahaan media luar ruang bernama Mahaka Advertising seiring bertubuhan ekonomi dan masyarakat perkotaan pada tahun 2002.

Setelah meluncurkan stasiun televisi Jak tv untuk memperkuat positioning sebagai bisnis yang fokus pada masyarakat perkotaan pada tahun 2005, Mahaka memperkenalkan radio 98.7 Gen FM & 101 Jak FM serta penyertaan pada PT Radionet Cipta Karya (Prambors FM, Delta FM dan FeMale Radio) serta berbagai perusahaan yang bergerak di bidang periklanan, hiburan, dan digital. Ia juga pendiri dari organisasi amal Darma Bakti Mahaka Foundation. Pada tahun 2008, bersama Anindya Bakrie mendirikan tvOne dan situs berita, Viva news. Pada tahun 2014, ia menjabat sebagai Direktur Utama Antv hingga sekarang.

Bidang Olahraga
Erick yang gemar olahraga bola basket pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) periode 2006–2010 dan menjabat sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) periode 2006–sekarang.

Tahun 2012, ia dipercaya sebagai Komandan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade di London. Ia menjadi orang Asia pertama yang pernah memiliki Tim bola basket NBA ketika ia membeli saham Philadelphia 76ers. Pada tahun 2012, Erick dan Levien menjadi pemilik saham mayoritas sebuah klub Major League Soccer, D.C. United.

Ia percaya akan potensi bisnis sepak bola dan dibuktikannya pada September 2013, presiden dan pemilik klub Internazionale (Inter Milano), Massimo Moratti pada saat itu mengonfirmasi pembicaraan untuk penjualan saham mayoritas 70% kepada Erick. Pada tanggal 15 Oktober 2013 setelah melalui proses negosiasi yang panjang, melalui International Sport Capital yang dipimpin oleh Erick secara resmi menjadi pemegang saham mayoritas dengan memiliki saham klub sebesar 70%. Pada tanggal 15 November 2013, Erick dipercaya sebagai presiden klub Inter Milano menggantikan Moratti hingga saat ini.

Kiprah Sosial
Erick Thohir adalah pendiri Yayasan Darma Bakti Mahaka. Erick Thohir juga pernah dikabarkan sebagai pendiri Yayasan Dompet Dhuafa Republika, namun kabar ini dibantah oleh Yayasan Dompet Dhuafa Republika dalam pernyataan di laman resminya.

Dompet Dhuafa atau yang dulu dikenal sebutan Dompet Dhuafa Republika diinisiasi, didirikan, dan dibina oleh Parni Hadi (Pimpinan Harian Umum Republika Pertama) pada 2 Juli 1993 karena terinspirasi dari dedikasi Corps Dakwah Pedesaan (CDP) di Yogyakarta, sehingga Parni Hadi, meminta karyawan Republika untuk menunaikan Zakat mereka secara bersama dan berkesinambungan.
Dari penggalangan dana internal, Republika lalu mengajak segenap masyarakat untuk ikut menyisihkan sebagian kecil penghasilannya. Pada 2 Juli 1993, sebuah rubrik di halaman muka Harian Umum Republika dengan tajuk “Dompet Dhuafa” pun dibuka.

Profil
Nama: Erick Thohir
Tempat Tanggal Lahir: Jakarta, 30 Mei 1970 (umur 49)
Kebangsaan: Indonesia
Orang tua: H. Mohammad Teddy Thohir dan Edna Thohir
Istri: Elizabeth Tjandra
Anak: Mahatma Arfala Thohir, Mahendra Agakhan Thohir, Makayla Amadia Thohir, dan Magisha Afryea Thohir

Pendidikan
S1: Glendale Community College, California, Amerika Serikat (AS)
S2: Master of Business Administration National University, California, Amerika Serikat (AS)

Pekerjaan/Jabatan
– Pendiri Mahaka Group
– Pemegang saham Persib Bandung Juara
– Pemegang saham Inter Milan
– Pemilik klub D.C. United
– Mantan Presiden Direktur antv
– Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC)
– Ketua Tim Pemenangan Nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin
Direktur Oxford United
– Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kabinet Indonesia Maju

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *