Bank Mandiri Kuasai Kredit Sindikasi Indonesia

MAKASSARBISNIS.COM – PT Bank Mandiri Tbk berhasil menduduki puncak daftar Bloomberg League Table Reports Indonesia Borrower Loans 2020 untuk kategori Mandated Lead Arranger dan Book Runner.

Capaian ini diraih, karena Bank Mandiri mengelola kredit sindikasi dengan nilai total USD879,09 juta dari sembilan transaksi atau setara 11,81 persen pangsa pasar.

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Alexandra Askandar mengungkapkan, pencapaian ini merupakan bentuk kepercayaan dunia usaha kepada perusahaan.

Adapun transaksi kredit sindikasi yang dikelola Bank Mandiri baik sebagai Mandated Lead Arranger atau pun Book Runner ini tidak hanya melibatkan institusi keuangan lokal, tetapi juga lembaga keuangan internasional.

“Pencapaian ini mengindikasikan tingginya kepercayaan dunia usaha serta lembaga keuangan lokal dan internasional pada Bank Mandiri untuk terlibat dalam transaksi kredit sindikasi yang dilakukan,” kata Alexandra dalam keterangan tertulisnya, Senin, 17 Agustus 2020 kemarin.

Dia mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan kredit sindikasi, maupun transaksi finansial lainnya agar dapat menjadi salah satu BUMN yang mampu bersaing di dunia finansial internasional.

“Harapannya, hal ini dapat ikut mendukung peran sektor usaha lokal dalam memulihkan perekonomian nasional,” ucapnya.

Baca Juga: BRIBrain, Terobosan Teknologi Digital Bank BRI

Ia juga menyampaikan, dalam kondisi perekonomian yang melambat sebagai dampak dari pandemi covid-19, Bank Mandiri tetap melihat adanya tren positif terhadap kredit sindikasi di Indonesia.

“Buktinya, ketika awal PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) diberlakukan, kami menjadi satu-satunya bank di Indonesia yang melakukan launching deal di pasar sindikasi,” ujarnya.

Sebelumnya, Bank Mandiri juga menjadi bank dari Indonesia dengan peringkat terbaik pada kategori Southeast Asia Bookrunner periode Januari-Juni 2020 yang dikeluarkan Refinitif.

Berdasarkan lembaga penyedia data pasar finansial dan infrastruktur global tersebut, PT Bank Mandiri Tbk tercatat menjadi bookrunner pada transaksi kredit sindikasi dengan nilai total terbesar kedua, yakni USD800 juta yang berasal dari dua transaksi. (Medcom)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *